Jumat, 06 Juli 2012

Cara membuat pcb cetak dengan setrika

Seperti yang telah kiata ketahui bahwa PCB ( printed circuit board ) adalah bagian utama dari sebuah rangkaian elektronika.tanpa adanya PCB maka sebuah rangkaian akan sulit di bentuk, karna pcb sangat berperan penting sebagai penompang sekaligus penghubung antar komponent elektronika. PCB itu sendiri memiliki dua jenis yaitu singgle layer (Satu lapisan) dan double layer (dua lapisan). dan pada kesempatan kali ini saya akan share "Cara membuat pcb cetak dengan setrika".sebenarnya ini adalah riquest dari pembaca yang meminta untuk di sharekan cara pembuatan pcb.
kita kembali ke topik cara pembuatan PCB. untuk membuat Pcb maka hal pertama yang harus kita lakukan yaitu mempersiapkan bahan - bahan sebagai berikut:
- PCB polos singgle layer, (karna yang akan kita buat kali ini adalah PCB singgle layer.)
- Ferroclorida ( bahan ini berfungsi untuk melarutkan lapisan tembaga yang menempel pada papan PCB.)
- Setrika
- Kertas foto / kalender
- Bak / nampan
- Pinset
- Mini Drill / Bor pcb ( intuk melubangi pcb)
Setelah - bahan bahan di atas siap sekarang tinggal mengikuti langkah - langkah sebagai berikut.

A. PROSES PENEMPELAN LAYOUT KE PAPAN PCB
  • Siapkan Layout yang akan kita buat pcbnya. untuk kertas kita bisa menggunakan kertas foto / kertas kalender . di sini saya menggunakan kertas foto dan saya print dengan menggunakan printer laser. untuk desain saya sarankan menggunakan Sprint-layout anda bisa download disini  ( catatan: Layout harus di print menggunakan printer laser, kalau kesulitan bisa menggunakan fotocopy  karna jika menggunakan printerbiasa mak layot tidak akan bisa menempel)
Layout

  • Siapkan PCB polos, tempelkan  layout yang sudah di sediakan tadi ke papan pcb.
tempelkan ke Papan PCB
  • sebelum di setrika Lapisi bagian atas pcb dengan kertas agar kertas foto yang menempel pada PCB supaya kertas foto tidak bergeser. atur temperatur setrika ke posisi maksimal. untuk cara menyetrika usahakan posisinya maju mundur, setrika jangan di putar penuh, cukup 15 derajat. kemudian lama menyetrika kira - kira sampai 5menit   (usahakan setrika yang di gunakan cukup panas, karna jika setrika yang di gunakan kurang panas maka layout tidak akan menempel dengan sempurna.)
Setrika kira - kira 5 menit
  • Langkah selanjutnya rendam pcb kedalam air, diamkan selama 5menit hingga kertas melepuh.

  • Setelah kertas melepuh buang kertas yang menempel hingga tersisa layoutnya saja. ( track layout sangat raupuh jadi pada saat mengupas kertas lakukan dengan hati hati.)



          Sampai disini proses penempelan layout sudah selesai. sekarang kita ke proses selanjutnya.

B. PROSES PELARUTAN PCB
Proses pelarurtan adalah proses menghilangkan bagian yang tidak digunakan dalam pcb sehingga yang tersisa tiggal tracknya saja.
  •  pertama siapkan larutan ferroclorida ke dalam nampan dan usahakan ukuran nampan lebih lebar dari pcb. masukan pcb yang sudah ada layoutnya. goyang - goyang nampan hingga lapisan tembaga pcb larut.
  •  Setelah bagian yang tidak di inginkan pada pcb larut, jangan lupa cuci dengan air bersih kemudian amplas hingga tidak ada bekas tinta printer yang menempel. setelah itu semprot pcb dengan clear vernish, ini bertujuan agar pcb awet dan tidak mudah terkorosi. dan langkah terakhir yaitu bor papan pcb dengan minidrill.
Nah sekarang PCB sudah jadi dan siap di gunakan. dan saya kira cukup sampai disini dulu proses pembuatan papan pcb cetak denagn menggunakan setrika. jika ada yang ingin di tanyakan bisa meninggalkan komentar. semoga bermanfaat. 5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar